Candi Ampel Kabupaten Tulungagung

0
2795

Candi ini dapat dicapai dari Museum Wajakensis Tulungagung, berjarak kurang lebih 25 kilometer ke arah Selatan melalui jalan beraspal dan hanya melewati jalan makadam kurang lebih 150 meter. Candi Ampel terletak di wilayah administratif di Dukuh Ngampel, Desa Joho, Kecamatan Kali Dawir, Kabupaten Tulungagung.

Candi ini berada di dataran rendah di sekitar kaki perbukitan Walikukun. Candi Ampel bukan merupakan kompleks percandian, melainkan sebuah candi tunggal yang terbuat dari bata dan batu andesit. Penduduk setempat menyebutnya sebagai Candi Ngampel karena berada di Dukuh Ngampel.

Jika dilihat dari angka tahun pada arca Parwati yang menunjukkan tahun 1331 Saka (1409 M), maka candi ini dibangun pada masa kerajaan Majapahit. Dilihat dari tinggalan-tinggalan lepasnya, candi ini berlatar belakang agama Hindu. Tujuh umpak batu yang terdapat disini menunjukkan adanya pemanfaatan bangunan lain yang digunakan untuk menaungi bagian atas candi. Kebanyakan lokasi candi-candi yang terletak di dataran rendah di sekitar kaki perbukitan Walikukun diketahui berasal dari masa Majapahit. Berdasarkan keletakan maupun rancang bangunnya dapat dipastikan bahwa Candi Ampel juga dibangun pada waktu yang sama, yaitu periode dimana cukup banyak dibangun percandian dengan menggunakan bahan bata (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tulungagung, 2007: 33).

 Lap. Usulan Penetapan CB 2009