“Yuk Jalan-Jalan Keliling Warisan Dunia” Awali Peringatan Hari Warisan Dunia BPCB Jateng

0
75

Klaten-BPCB Jateng Dalam rangka hari warisan dunia yang diperingati setiap tanggal 18 April, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah (BPCB Jateng) mengadakan program “Yuk Jalan-Jalan Keliling Warisan Dunia” pada Senin (16/04/2019). Program ini merupakan kegiatan edukasi untuk anak -anak Sekolah Dasar yang tinggal di sekitar Kawasan Warisan Dunia Prambanan. Sebanyak 120 anak mengikuti kegiatan edukasi yang dibungkus secara menyenangkan ini.

Program ” Yuk Jalan-Jalan Keliling Warisan Dunia” diawali dengan penjemputan peserta ke sekolah masing-masing dengan dua armada Hi-Ace dari BPCB Jateng. Setelah dijembut mereka berkesempatan mengunjungi candi-candi yang termasuk dalam Warisan Dunia Prambanan antara lain Candi Sewu, Candi Lumbung dan Candi Bubrah. Para peserta juga didampinggi oleh staf publikasi BPCB Jateng yang juga menceritakan candi secara ringan. Para peserta cilik ini tampak ceria dan antusias bahkan tidak sediki dari mereka yang menanyakan banyak hal tentang candi.

Hari warisan dunia ditetapkan pertama kali oleh ICOMOS (International Council on Monuments and Sites) sebagai hari situs dan monumen pada tahun 1982.   Unesco kemudian menetapkan pada sidang ke -22 tahun 1983. Hari warisan dunia ditetapkan dalam rangka memberikan kesempatan untuk peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya warisan dunia serta semangat untuk melindungi dan melestarikan sekaligus memahami nilai luhurnya.

TINGGALKAN KOMENTAR