Stasiun Weleri

0
494

Stasiun Weleri (WLR) adalah stasiun kereta api yang terletak di Karangdowo, Weleri, Kendal. Stasiun yang terletak pada ketinggian +41 m ini masuk ke dalam Daop 4 Semarang. Stasiun yang terletak di Jalan Stasiun No. 1 ini hanya disinggahi oleh kereta api bisnis dan ekonomi kecuali Harina. Stasiun ini berada di belakang Pasar Weleri.

Dahulu, kearah selatan, terdapat jalur kereta api cabang ke Dusun Besokor di Desa Sidomukti sepanjang 4 km. Tidak diketahui kapan atau mengapa jalur ini ditutup, namun kemungkinan karena di bongkar oleh Kekaisaran Jepang pada tahun 1943 saat masa pendudukan Jepang. Saat itu, Jepang memang sedang mencari bahan material untuk perang sehingga banyak jalur kereta api di Indonesia dibongkar.

Stasiun Weleri merupakan bangunan bergaya kolonial. Bangunan ini memiliki atap limasan yang terawat dengan baik dengan denah memanjang dengan lebar 30m  Material atap terbuat dari genteng dan seng. Bangunan ini masih terjaga keasliannya, walaupun beberapa telah diganti. Bangunan tambahannya adalah ruang PPKA. Stasiun Weleri memiliki emplasemen selebar 4,5 m dengan konstruksi kayu yang masih asli. Jarak antar kolom adalah 3 m. Lisplank terbuat dari kayu. Terdapat bangunan tandon air berdenah segi 6 yang sudah beralih fungsi menjadi toilet. Terdapat bangunan tambahan berupa mushola yang terletak di dekat tandon air. Secara umum, layout Stasiun weleri masih asli

TINGGALKAN KOMENTAR