You are currently viewing Situs Candi Sukuh dan Kawasan Candi Gedongsonggo Terkena Dampak Cuaca Ekstrim

Situs Candi Sukuh dan Kawasan Candi Gedongsonggo Terkena Dampak Cuaca Ekstrim

Klaten-BPCB Jateng Cuaca ekstrim yang melanda sebagian daerah di Indonesia juga dirasakan di Kawasan Candi Gedongsonggo dan Situs Candi Sukuh. Kawasan dan situs candi ini terdampak hujan deras dan angin kencang. Berdasarkan laporan juru pelihara Rabu (23/01/2019) cuaca buruk menumbangkan beberapa pohon yang ada disekitar Situs Candi Sukuh dan berakibat kelongsoran di jalur wisatawan di Situs Candi Gedongsonggo.

“Saat ini kita akan segera mendata kerusakan yang ada disitus dan akan melakukan tindakan yang perlukan” jelas tutik, staf pemeliharaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. “Berdasarkan laporan terkini bangunan candi tidak terdampak hanya beberapa fasilitas pelindungan dan  informasi  yang rusak tertimpa pohon tumbang dan akibat angin kencang” tambahnya.

Situs Candi Sukuh dan Kawasan Candi Gedongsonggo berada di daerah tinggi sehingga sangat rentan terdampak cuaca buruk. Seperti pengalaman sebelum-sebelumnya jika terjadi bencana, para juru pelihara segera melakukan pengamanan dan pembersihan. Mereka juga telah dibekali pengetahuan tanggap bencana melalui teori dan praktek. Masyarakat juga aktif membantu para juru pelihara ini.

Leave a Reply