You are currently viewing Sekilas Tentang Bangunan Candi

Sekilas Tentang Bangunan Candi

Jawa Tengah kaya akan tinggalan masa lalu berupa candi Hindu dan Budha. Candi-candi ini merupakan bangunan yang digunakan sebagai tempat peribadatan pada masanya. Secara vertikal banguna candi dibagi menjadi tiga bagian yaitu kaki, tubuh candi dan Atap Candi. Ketiga bagian itu melambangkan tiga tingkatan dunia yaitu Bhurloka, Bhuwarloka, dan Swarloka.

Kaki candi melambangkan bhurloka yaitu dunia bawah, tempat kehidupan manusia. Dibagian kaki candi, dibagian tengah, terdapat sumuran untuk menempatkan peripih yaitu kepingan-kepingan logam, batu mulia, dan biji-bijian, yang ditempatkan dalam wadah tertentu dan menjadi media para dewa untuk merasukkan zat inti kedewannya.

Tubuh candi melambangkan bhurwarloka yaitu dunia tengah, tempat kehidupan manusia yang sudah disucikan. Pada tubuh candi, diatas sumuran yang berisi peripih, ditempatkan arca dewa atau objek pemujaan lainnya.

Atap candi melambangkan swarloka yaitu dunia atas, tempat kehidupan para dewa. Sehubungan dengan bagian-bagian candi, maka candi dengan gaya seni bangunan klasik tua dapat dikenali dari profil kakinya. Profil tersebut berupa susunan bingkai datar (pelipit), bingkai sisi genta (ojief), dan bingkai belah rotan (halfround).

Leave a Reply