You are currently viewing Sekarang Laporan Penemuan Cagar Budaya Jateng Bisa Online

Sekarang Laporan Penemuan Cagar Budaya Jateng Bisa Online

Klaten-Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah Jawa Tengah merupakan wilayah yang kaya akan tinggalan yang bersifat kepurbakalaan. Sebagian dari tinggalan-tinggalan ini telah ditemukan. Tidak menutup kemungkinan banyak tinggalan yang masih terpendam. Setiap tahun BPCB Jateng menerima laporan temuan oleh masyarakat dan dinas.

Dalam rangka mempercepat proses pelaporan oleh masyarakat, BPCB Jawa Tengah telah meluncurkan aplikasi online. Masyarakat dapat melaporkan penemuan objek yang diduga cagar budaya melalui laman bpcbjateng.id melalui kolom layanan publik. Jika masuk pada kolom laporan masyarakat akan terlebih dulu mengisi data diri dan selanjutnya mengisi data temuan. Di laman ini pelapor juga dapat memplot temuan dalam peta.

Objek yang diduga cagar budaya wajib dilaporkan jiga ditemukan oleh masyarakat. Tim BPCB Jawa Tengah akan meninjau objek tersebut juga mempunyai potensi menjadi Cagar Budaya. Selanjutnya jika objek tersebut mempunyai kreteria tetrtentu, penemu akan mendapat kompensasi penemuan dari BPCB Jateng.

Leave a Reply