SD 02/09 Salatiga, Penanda Kota Modern

0
472

Sejak ditetapkan sebagai kota modern pada masa pemerintahan kolonial Belanda (gemeente), Salatiga mengalami perkembangan tata ruangnya. Bangunan-bangunan mulai bermunculan sejalan dengan kebutuhan penduduknya. Beberapa bangunan ini antara lain bangunan fasilitas pendidikan, tempat ibadah, pemukiman, pemerintahan, dan fasilitas kesehatan. Penempatan bangunan-bangunan ini diperhitungkan secara matang dalam sebuah konsep kota.

Bangunan Sekolah Dasar 02/09 merupakan salah satu fasilitas pendidikan kota tersebut. Bangunan ini beralamat Jl. Diponegoro 12 Salatiga pada awalnya merupakan Europees Lagere School yaitu sekolah dasar bagi keluarga Belanda. Sejak pertengahan abad XIX sampai sekarang bangunan ini masih difungsikan sebagai bangunan fasilitas pendidikan yaitu Sekolah Dasar 02/09. Kompleks bangunan sekolah ini berpola linear dengan atap berbentuk perisai.

Sampai sekarang bangunan ini masih terjaga kondisinya sehingga dapat menunjukkan sebuah contoh bangunan kolonial khususnya sekolah pada masa pemerintahan Belanda di Kota Salatiga. Bangunan Sekolah Dasar 02/09 Salatiga juga merupakan komponen utama yang menunjukkan sebuah kota modern sebuah dalam cerita perjalanan sejarah Kota Salatiga.

Sumber: Laporan Inventariasi Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah

TINGGALKAN KOMENTAR