Relief Gana Pada Candi

0
393

Jawa Tengah kaya akan tinggalan berupa situs candi. Berdasarkan latar keagamaannya candi di Jawa Tengah terbagi menjasi dua yaitu candi hindu dan candi budha. Setipa candi mempunyai hiasan dinding yang unik. Terdapat beberapa hiasan di candi juga dipakai di candi lain. salah satu hiasan yang sering ada adalah hiasan gana. Hiasan ini biasanya terdapat di kaki candi.

Hiasan atau relief Gana digambarkan sebagai mahluk-mahluk kerdil yang posisi tubuhnya sedang manyangga bangunan candi. Walaupun sering dijumpai pada candi-candi di Jawa Tengah, penggambarannya mahluk-mahluk ini berbeda satu dengan yang lain sesuai dengan gaya pemahat dan terpengaruh budaya lokal setempat. Hiasan Gana ini menggambarkan tentara atau prajurid pengawal Dewa Siwa dan dipimpin oleh Ganesha.

Pernahkah sahabat cagar budaya menjumpai relief seperti ini saat berkunjung ke candi? Relief yang menggambarkan mahluk-mahluk kerdil yang sedang menopang bangunan candi. Bagi sahabat cagar budaya yang belum pernah menemukan, coba perhatikan dengan lebih seksama. Siapa tahu sahabat cagar budaya bertemu dengan mahluk ini.

TINGGALKAN KOMENTAR