Pura Mangkunegaran

0
1112

Pura Mangkunegaran terletak dijalan Ranggawarsita Dusun Keraton Desa Keraton Kecamatan Keraton Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah, terletak di 07034’ 00” LS – 1100 49’ 18” BT.

Pura Mangkunegaran dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said atau ang dikenal dengan Pangeran Samber Nyawa,  setelah penandatanganan perrundingan Salatiga pada tanggal 13 Maret 1757. Ketika naik tahta Raden Mas Said bergelar sebagai Mangkunera I. Ia berada dibawaah kekuasaan Sunan Paku Buwana III. Selanjutnya pembangunan Pura ini dilakukan oleh Mangkunegara II (1796-1834), Mangkunegara IV (1853-1881), Mangkunegara V (1881-1896), Mangkunegara VI (1896-1916) dan Mangkunegara VII (1916-1944). Pembangunan tersebu meliputi pendirian bangunan baru memperbaiki dan meperindah bangunan yang sudah ada.

Kompleks Pura Mangkunegaran menghadap ke Selatan dan dibagi menjadi tiga halaman. Halaman pertama dari sebelah Selatan berupa Pamedan, yaitu lapangan berdenah empat persegi panjang dan membujur barat-timur. Untuk memasiki pamedan harus melewati pintu gerbang pertama yang terdapat di sebelah selatan. Disebelah Timur Pamedan terdapat bangunan Kavaleri Artileri yang berlantai dua. Disebelah Utara Pamedan terdapat pintu gerbang ke dua. Disebelah Barat pintu gerbang ke dua terdapat bangunan Mandrasasana dan Langenpraja, sedang disebeleh pintu gerbang kedua terdapat benguan garasi kereta dan kantor rumah tangga urusan Pura.

Halaman kedua dapat dilewati melalui pintu gerbang ke dua yang terdapat di sisi Barat dan Timur halaman. Paada halaman kedua terdapat Pendopo berbentuk Joglo. Disebelah Timur Pendopo terdapat bangunan bertingkat. Bangunnan bawah disebut Hamongprojo sedang bagian atar bernama Reksapustaka. Disebelah Barat Pendopo terdapat bangunan Reksa Sunggata yang mempinyai jendela  lebar dan tinggi. Disebelah Utara Pendopo terdapat Peringgitan dan Dalem Agung. Disebelah Timur Dalem Ageng terdapat Balepani beratap Limasan dan bangunan Purwasana yang dilengkapii dengan tiang bergaya Dori. Disebelah Barat Dalem Ageng terdapat Balewarni dan bangunan Pracimasana. Disebelah Utara dalem Agung terdapat Balekencur dan sepanjang dindinng belakang Pura Mangkunegaran, terdapat halaman ketiga berupa kebun yang luas bernama Ujung Puri.(Laela Kartika)

TINGGALKAN KOMENTAR