Misteri di Dinding Candi Sewu

0
2526

sewu

Coba perhatikan dengan seksama foto bangunan utama Candi Sewu di malam hari ini. Adakah yang aneh dari foto bangunan utama Candi Sewu ini? Adakah  “sesuatu” yang tampak di foto ini. Jika belum menemukan keanehan atau “sesuatu” di foto ini, coba perhatikan secara lebih seksama terutama di bagian atap Candi Sewu.

Masih belum juga menemukan? Coba perhatikan tepat pada stupa atap Candi Utama Sewu. Ada seraut wajah disana. Foto ini tanpa rekayasa apapun dan diambil dengan kamera DSLR pada saat malam penganugrahan Festival Semi Dokumentar yang diadakan pada tahun 2014 oleh Balai pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Seorang staff Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah menemukan raut wajah ini sehabis mengabadikan bangunan Candi Sewu pada saat disorot lampu pada malam hari. Momen ini sangat langka karena sehari-hari Candi Sewu pada malam hari tidak disorot lampu sedangkan pada siang hari raut wajah ini tidak tampak.

Jika diamati lebih dalam lagi sebenarnya tidak hanya satu wajah saja yang dapat teramati melainkan terdapat beberapa wajah dan beberapa tokoh dalam posisi duduk bersila. Penemuan fenomenal ini belum banyak di teliti dan dipublikasikan ke masyarakat. Selanjutnya muncul beberapa pertanyaan, apakah fenomena ini hanya kebetulan saja atau apakah pada masa lalu nenek moyang sengaja menciptakan pahatan-pahatan sedemikian rupa sehingga membentuk citra-citra ini pada dinding candi. Jika mengarah pada jawaban kedua, maka dapat kita simpulkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia merupakan orang -orang hebat yang dapat menciptakan wajah-wajah berukuran rakasa di dinding Candi Sewu. Bagaimana cara mereka membuatnya? Masih jadi pertanyaan besar (Dj).

 

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN
Artikulli paraprakDurga Mahisasuramardhini
Artikulli tjetërSaraswati

TINGGALKAN KOMENTAR