Mengenal Konservasi Material Batu Bersama BPCB Jateng

0
109

Klaten-BPCB Jateng Bertepatan pada hari peringatan lahirnya purbakala ke 106, (13-14/06/2019), Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah bersama Komunitas Reracik mengadakan kegiatan pengenalan konservasi kepada masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini dinamai “mengenal konservasi konservasi material batu di Candi Plaosan bersama BPCB Jateng”.

Pada hari pertama sebanyak 15 peserta mendapat pembekalan tentang konservasi di kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya oleh para teknisi konservasi. Teknisi konservasi mengenalkan beberapa metode konservasi khususnya metode konservasi pada material batu. Narasumber banyak mendapatkan pertanyaan dari para peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa. “Kesempatan ini saya gunakan untuk menambah pengalaman karena materi ini tidak diajarkan di kampus” ujar salah satu peserta.

Pada hari kedua para peserta mendapat materi praktek lapangan. pada kesempatan ini para peserta mencoba langsung metode yang sudah diajarkan oleh para teknisi konservasi. Mereka mempraktekan metode manual kering dan manual basah di batu-batu Candi Plaosan. Peserta tampak antusias mengikuti setiap arahan dari teknisi konservasi Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. “Kami membatasi jumlah peserta agar efektif” jelas wiras, dari komunitas reracik. “Sebenarnya masih banyak yang berminat untuk ikut” tambah Wiras.

Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah sangat mengapresiasi dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan komunitas berkaitan dengan pelestarian cagar budaya. Kegiatan ini merupakan wujud dari kebersamaan instansi pemerintah dan komunitas dalam menambah kepedulian masyarakat terhadap cagar budaya.

TINGGALKAN KOMENTAR