Media Permainan Permudah Penyampaian Informasi Cagar Budaya

0
390

Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah telah mencoba beberapa media dalam menyampaikan informasi tentang cagar budaya dan nilai-nilainya kepada masyarakat. Media ini antara lain berupa film, souvenir, buku, komik, leaflet, poster dan spanduk. Semua media mempunyai keuntungan dan kelemahan masing-masing.

Sejak beberapa tahun yang lalu Balai Pelestarian Cagar juga mencoba menggunakan media permainan interaktif. Permainan-permainan ini bermacam-macam dan biasanya dikenalkan kepada masyarakat melalui kegiatan pameran yang dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Permainan tersebut antara lain monopoli cagar budaya, puzzle, roda berputar, dan ular tangga. Berdasarkan pengamatan, ternyata permainan-permainan ini mendapat tanggapan yang sangat positif dari pengunjung. Mereka sangat menikmati permainan-permainan ini. Sambil bermain mereka juga belajar cagar budaya. Mereka sangat semangat karena permainan-permainan ini juga berhadiah.

Informasi cagar budaya dapat diberikan kepada masyarakat dengan cara-cara yang ringan dan mengasikkan. Permainan-permainan merupakan media yang sangat membantu dalam menyederhanakan konten-konten informasi cagar budaya yang cenderung berat. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah terus menambah jenis-jenis permainan ini agar nilai-nilai cagar budaya dapat disampaikan melalui cara-cara yang kreatif dan menyenangkan.

TINGGALKAN KOMENTAR