Lingga dan Lingga Patok, Apa Perbedaannya

0
254

Jawa Tengah termasuk wilayah yang kaya akan tinggalan masa lalu terutam apada masa klasik atau masa pengaruh Hindu-Budha. Tinggalan yang cukup banyak adalah tinggalan berupa benda. Sebagian benda ini masih berkonteks dengan tinggalan lain dan sebagian lagi merupakan temuan Lepas.

Salah satu tinggalan berupa benda ini adalah Lingga. Lingga sering ditemukan bersama Yoni. Sering juga lingga ditemukan tidak berpasangan dengan yoni. Lingga ini memiliki unsur-unsur brahmabhaga, wisnubhaga, dan rudrabhaga. Cirinya adalah mempunyai tiga bagian, terdiri atas bagian yang paling bawah, berbentuk persegi, disebut brahmabhaga; bagian tengah yang berbentuk segi enam yang disebut wisnubhaga; dan bagian yang paling atas, berbentuk silendris, disebut rudrabhaga.  Pada bagian rudrabghaga-nya terdapat hiasan garis melengkung yang disebut brahmasutra.

Di sisi yang lain, terdapat juga lingga yang berdiri sendiri, tetapi memiliki ciri  berbeda. Lingga yang dimaksud adalah pseudo lingga atau lingga semu, yang cirinya tidak memiliki bagian segi enam. Lingga semu hanya memiliki bagian silendris dan persegi saja,  fungsinya adalah sebagai patok atau batas, misalnya batas halaman candi atau batas wilayah yang ditetapkan sebagai sima. Oleh karena itu, lingga semacam itu pun disebut lingga patok.

TINGGALKAN KOMENTAR