Kunjungan Gratis ke Candi Ramai Peminat

0
937

DSCN2138

KLATEN – Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah  pada Tahun 2013 untuk sekian kalinya menyelenggarakan kegiatan Pameran Keburbakalaan. Kali ini pameran diselenggarakan di Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah. Dipilihnya Klaten pada bukan merupakan hal yang  kebetulan melainkan didasarkan potensi yang dipunyai kabupaten ini. Tidak bisa dipungkiri Klaten telah menyumbang Cagar Budaya monumental berupa bangunan candi-candi  yang dapat bercerita tentang perjalanan puncak-puncak peradaban Indonesia bahkan dunia.  Selain itu dipilihnya Klaten sebagai tempat kegiatan pameran terakhir untuk tahun 2013 adalah bersamaan dengan selesainya pemugaran dan penataan lingkungan Candi Sojiwan sehingga siap untuk diapresiasi masyarakat.

Pameran yang bertema Meniti Jejak-jejak Peradapan Klaten dilaksanakan selama 5 hari dibuka pada hari senin tanggal 25 November 2013 sampai dengan hari Jumat tanggal 29 November 2013 bertempat di Gedung RSPD Jl. Pemuda Tengah Klaten. Setiap harinya pameran dibuka mulai pukul 09.00 WIB dan ditutup pada pukul 05.00 WIB.

Pada kesempatan ini Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah membawa koleksi-koleksi menarik berupa artefak asli, miniatur, maket, dan audio visual yang dapat bercerita tentang puncak-puncak peradaban Indonesia  yang berada di Klaten.  Pengunjung juga disediakan panel-panel penjelas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Bagi pengunjung yang ingin mendalami pengetahuan tentang peradapan masa lalu, panitian juga menyediakan buku-buku gratis.

Stand yang menjadi favorit pengunjung adalah pendaftaran kunjungan ke Candi-Candi Kawasan Prambanan gratis. Sampai dengan hari kedua,  10 armada bus yang disediakan panitia telah penuh dipesan pengunjung pameran. Banyak pengunjung yang akhirnya kecewa karena belum dapat mengikuti program kunjugan ini. Membludaknya peminat kunjungan ini dikarenakan panitia menyempaikan informasi kegiatan ini langsung ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Klaten (BPCB Jateng 2013).