You are currently viewing Kereta Api, Dari Angkutan Kebun Menjadi Angkutan Manusia

Kereta Api, Dari Angkutan Kebun Menjadi Angkutan Manusia

Selain pesawat terbang, kereta api sekarang ini telah menjadi angkutan yang disukai banyak orang. Selain bebas macet kereta api sekarang dirasa sangat nyaman dan murah. Saking banyaknya orang menggunakan transportasi kereta api terkadang tiket sulit didapatkan terutama saat liburan tiba.

Dahulu kereta api merupakan angkutan kebun. Perkebunan swasta yang berkembang pesat semakin menguntungkan Pemerintah Hindia Belanda. Hal itu lebih ditingkatkan lagi dengan dibangunnya jaringan kereta api sebagai alat angkut hasil-hasil perkebunan. Jaringan yang pertama dibangun pada tahun 1873 menghubungkan Semarang dengan daerah Kasultanan Yogyakarta. Kemudian daerah lain juga dibangun untuk alasan yang sama.

Didasarkan kebutuhan perpindahan manusia yang meningkat pada waktu, transportasi kereta api selanjutnya menjelma menjadi transportasi manusia. Kereta api dirasakan sangat efektif untuk mengankut manusia secara massal. Kebutuhan paling menonjol pada waktu itu adalah sebagai alat angkut tentara dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Leave a Reply