Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal

0
35

Propinsi Jawa Tengah kaya akan beragam warisan budaya berwujud bangunan. Warisan budaya berwujud bangunan di Jawa Tengah diantaranya terdapat di Kota Tegal. Kota ini sebenarnya memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Hal ini terbukti dengan adanya tinggalan yang tercermin dalam bentuk situs prasejarah sampai dengan bangunan kolonial.

Salah  satu  upaya awal dalam rangka peninggalan-peninggalan ini tersebut adalah melakukan kegiatan inventarisasi atau pendataan. Kegiatan ini dilakukan  agar dapat dilakukan tindakan  pelestarian  selanjutnya sehingga eksistensi benda cagar budaya tetap dapat lestari. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah telah mendata bangunan-bangunan tinggalan kolonial di Kota Tegal ini.

Salah satu warisan budaya berwujud bangunan di Kota Tegal adalah Klenteng Tek Hay Kiong. Bangunan klenteng ini merupakan bukti keberadaan etnis Tionghoa di tegal yang sudah ada sejak sebelum jaman kolonial karena masyarakat percaya bahwa kelenteng ini didirikan pada tahun 1690. Kelenteng ini pernah mendapat restorasi pada tahun 1873 oleh Kapiten Tan Koen Hway.

TINGGALKAN KOMENTAR