Kegiatan Pemugaran Perwara Deret II No. 29 Candi Plaosa (Press Release)

0
310

Candi Plaosan Lor yang berada di desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah dibangun pada abad 9 M, merupakan kompleks bangunan candi terdiri dari 2 candi Induk dan 1 mandapa yang dikelilingi oleh 58 candi perwara dan 194 stupa perwara. Kompleks bangunan mulai tahun 1940 telah dilakukan upaya pemugaran dan kegiatan ini masih berlangsung hingga sekarang.

Pada tahun 2019 kegiatan pemugaran dilakukan pada bangunan Candi Pewara Deret II no. 29 yang berada di sisi timur dengan arah hadap ke timur. Sebelum pemugaran adalah persiapan dengan melakukan pencarian batu candi untuk kelengkapan rekonstruksi bangunan perwara deret II No. 29, berdasarkan hasil penelitian dan rekonstruksi bangunan candi perwara ini berukuran 4,91 m x 4,89 m. Adapun kegiatan pemugaran ini dilakukan melalui beberapa tahapanan yaitu pendokumentasian yang meliputi penggambaran pengukuran dan pemotretan, pembongkaran bangunan sisa, penggalian, pembuatan lantai kerja dan pemasangan kembali dan konservasi.

Kegiatan pemugaran ini melibatkan juru pugar, teknisi penggambaran dan pemetaan, teknisi konservasi , pengolah data cagar budaya, pengawas arkeologi dan narasumber ahli. Dalam kegiatan pembongkaran dan penggalian Candi Perwara deret II no. 29 terdapat temuan berupa arca dhyani Buddha aksobhya, fragmen logam perunggu, dan peripih dari bahan batu putih. Kegiatan pemugaran saat ini sudah menyelesaikan seluruh proses pemugaran dan sudah siap untuk dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat. Pelaksanaan pemugaran Candi Perwara Deret II No.29 berlangsung dari Bulan April s.d. Desember 2019.

TINGGALKAN KOMENTAR