Kantor Walikota Salatiga, Satu-Satunya Bangunan Bergaya Neoklasik Di Salatiga

0
545

Kota Salatiga mempunyai banyak tinggalan bangunan kolonial. Hal ini dikarenakan Kota Salatiga ditetapkan sebagai sebuah kota pada masa kolonial. Sebagai sebuah kota, tentu saja Salatiga mempunyai perencanaan yang matang. Beberapa fasilitas dibangun seperti perkantoran, keamanan, pendidikan, keagamaan dan perumahan. Banyaknya bangunan-bangunan kolonial ini juga mengakibatkan munculnya beberapa variasi gaya bangunan.

Diantara beberapa gaya dan bangunan yang berkembang, hanya satu bangunan yang bergaya neoklasik. Bangunan tersebut adalah Kantor Walikota Salatiga. Sampai saat ini bangunan ini masih asli bentuknya. Penambahan bangunan dilakukan dibagian dalam bangunan utama. Fungsi pertama bangunan ini adalah rumah tempat tinggal. Bangunan simetris dan mempunyai penampil dibagian depan ini dulunya milik pengusaha susu bernama Baron van Hikkeren.

Terletak di Jl. Sukowati 51 Salatiga, Kantor Walikota Salatiga masuk dalam Kawasan Kepatihan. Bangunan Kantor Walikota Salatiga diperkirakan dibangun pada pertengahan abad XIX. Berdasarkan kelangkaannya, bangunan ini perlu dirawat dan dilestarikan.

TINGGALKAN KOMENTAR