Cerita dari Sojiwan RELIEF 8. Seorang Wanita dan Seekor Serigala

0
672

8

Alkisah wanita yang masih muda dan amat cantik, dia isteri dari seorang petani tua namun amat kaya. Dia merasa tidak bahagia dalam hidupnya. Lalu ia berjalan-jalan bertemulah dengan seorang penyamun yang dengan liciknya memuji-muji kecantikannya. Berbanggalah wanita itu dengan pujian dari penyamun itu. Lalu wanita itu rela membawa seluruh harta suaminya untuk mengikuti penyamun itu. Dalam perjalanan itu sampailah ke pinggiran sungai, lalu muncullah akal licik penyamun untuk menguasai seluruh harta isteri petani tua itu. Dia mengatur agar barang diseberangkan dahulu lalu baru kembali lagi menjemput isteri petani tua tersebut. Seluruh harta beserta baju yang dipakai diseberangkan dulu agar tidak basah terkena air. Namun sejak itu penyamun tak pernah kembali lag. Lenyaplah sudah seluruh harta dan isteri petani itu amat malu karena sehelai benangpun tak ada yang melekat pada badannya. Sementara ia duduk termenung datanglah serigala betina membawa sepotong daging di moncongnya, karena melihat ikan yang amat nbanyak di sungai maka sepotong daging itu ia lepaskan berharap untuk dapat menangkap seekor ikan.
Tiba-tiba datang burung gagak menyambar daging itu dan segera pergi, sementara ikan-ikan mengilang berenang ke dasar sungai.

Hikmah Cerita:
Mengharapkan sesuatu yang belum tergapai apa yang sudah berada digenggaman dilepaskan akan membawa kerugian dan kesengsaraan.