Candi Sewu Terus Dikenalkan Melalui Program “Ayo Wisata ke Candi Sewu”

0
452

Usaha-usaha mengenalkan Candi Sewu kepada masyarakat tidak pernah berhenti. Melalui program Ayo Wisata ke Candi Sewu yang juga merupakan program kerjasama antara PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, pelajar diajak mengunjungi Candi Sewu. Program ini dilaksanakan setiap minggu mulai bulan agustus dengan mengajak tiga puluh siswa SLTA yang merupakan perwakilan dua sekolah setiap minggunya.

Dalam program Ayo Wisata ke Candi Sewu yang sudah edisi keempat ini  dilaksanakan pada hari rabu tanggal 30 Agustus 2017. Para siswa dijemput dari sekolahnya masing-masing dengan kendaraan shuttle dari PT Taman Wisata. Selanjutnya para siswa menuju ke Studio Manjusrighraa untuk mendapat pengarahan mengenai cagar budaya dan jurnalistik serta menonton film Lembah Para Dewa. Selesai mendapat pendapat pengerahan dan menonton film para peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok didampingi oleh satu pendamping dari staf publikasi BPCB Jateng. Kemudian mereka berkeliling studio pemugaran Manjusrighraa dan Kompleks Candi Sewu sambil mendapat penjelasan dari pendamping kelompok masing-masing. Peserta dapat juga mengajukan pertanyaan untuk melengkapi data mereka untuk dijadikan bahan siaran mereka di Radio Taman. Setelah kunjungan salah satu perwakilan kelompok akan siaran di Radio Taman secara live.

Untuk menambah semangat, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan memberikan tiket gratis sendra tari Ramayana bagi kelompok terbaik saat penyiaran. Kelompok terbaik ini dinilai berdasarkan penilaian isi dari penyiaran mereka atau tingkat penyerapan mereka terhadap materi yang diberikan sepanjang hari dari padi sampai dengan siang. Untuk peringkat kedua dan ketiga juga diberikan penghargaan berupa souvenirs dan buku-buku terbitan BPCB Jawa Tengah. “Kegiatan ini seru, kita bisa mengerti fakta-fakta menarik dibalik pemugaran Candi Sewu” ujar Amanda salah satu siswa yang kelompoknya mendapatkan predikat terbaik. Acara ini ditutup dengan yel-yel yang membahana “Ayo Wisata ke Candi Sewu, Kunjungi, Lindungi Lestarikan.

(suasana diskusi kelompok sebelum wakil-wakil kelompok siaran di Radio Taman)

 

TINGGALKAN KOMENTAR