You are currently viewing BPCB Jateng Tingkatkan Kapasitas Jupel Melalui Pembinaan

BPCB Jateng Tingkatkan Kapasitas Jupel Melalui Pembinaan

Klaten-BPCBJateng Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah sebagai instansi pelestari cagar budaya mempunyai juru pelihara. Juru pelihara ini tersebar di beberapa situs yang ada di Jawa Tengah. Banyaknya jumlah dan luasan situs yang ada di Jawa Tengah membuat BPCB Jateng harus menambah jumlah juru pelihara sehingga selain juru pelihara PNS terdapat juga juru pelihara non PNS.

Setiap tahun secara rutin para juru pelihara non PNS selalu mendapatkan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas mereka untuk bekerja di situs-situs. Pada tahun 2020 BPCB Jateng melaksanakan kegiatan Pembinaan Juru Pelihara Non PNS pada hari Kamis (27/02/2020). Sebanyak 75 juru pelihara non PNS mendapatkan materi bertema cagar budaya dan tugas juru pelihara dari narasumber intern BPCB Jateng selama kurang lebih 3 jam.

Selain kegiatan pembinaan, BPCB Jateng juga melaksanakan penandatanganan kontrak dengan 75 juru pelihara tahun 2020. Jumlah ini juru pelihara non PNS ini lebih sedikit dibanding dengan jumlah juru pelihara pada 2019. Hal ini dikarenakan ada 23 situs yang pengelolaanya diserahkan kepada pemerintah daerah setempat. Penyerahan pengeloaan situs diikuti dengan penyerahan juru peliharan.

Leave a Reply