BPCB Jateng Tindaklanjuti Temuan Batu Candi Di Desa Mranggen, Klaten

0
68

Klaten-BPCB Jawa Tengah Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah segera menindaklanjuti laporan masyarakat terkait temuan batu candi di Kabupaten, tepatnya di Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom. Dua staf BPCB Jawa Tengah melakukan peninjauan ke lokasi pada hari Selasa (30/06/2020). Bersama tim BPCB Jawa Tengah turut serta komunitas Klaten Heritage Society (KHC), staf Disbudparpora Kabupaten Klaten, penggiat budaya Klaten, dan Media.

Sampai dilokasi BPCB jawa Tengah segera mengobservasi temuan berupa tatanan batu-batu andesit yang diperkirakan merupakan bagian dari struktur bangunan. Struktur batu tersebut berukuran panjang 25 meter dan tinggi 2 meter. Selain itu diatas temuan juga terdapat gundukan tanah yang diatasnya juga terdapat struktur batu-batu andesit.

Temuan batu-batu yang diduga struktur tersebut terletak di tanah kas desa. Sekarang ini oleh warga dijadikan talud. Setelah kegiatan peninjauan BPCB Jawa Tengah selanjutnya akan mengadakan peninjauan kedua dengan membawa para steller candi guna memastikan lagi jenis temuan ini. Bersamaan dengan itu, tim juga akan membuat rekomendasi tindakan penangan temuan selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR