BPCB Jateng Siapkan Terpauline Untuk Kurangi Resiko Bencana Gunung Meletus

0
495

Meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2010 dan Gunung Kelud 2014 ternyata abunya berdampak buruk pada beberapa candi yang terletak di Jawa Tengah. Beberapa candi-candi ini terletak di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Klaten (Kawasan Prambanan). Abu vulkanik yang ada di batu candi jika bercampur air hujan akan menghasilkan asam yang akan membuat batu rapuh. Selain itu jika abu telah bercampur dengan air hujan akan menjadikan abu ini lengket sehingga sulit dibersihkan.

Berdasarkan kenyataan diatas maka jika batu candi telah terpapar abu vulkanik yang harus dilakukan pertama kali sebelum dibersihkan adalah menghindari kontak dengan air hujan. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah sangat memperhatikan masalah ini dan saat ini telah mempunyai terpaulin untuk menutup candi jika terjadi bencana gunung meletus. Terpauline ini merupakan lapisan pelindung yang cukup besar, kuat, fleksibel, dan tahan air. Selain mempersiapkan terpauline, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah juga mengadakan pelatihan secara rutin agar lebih sipa jiga bencana gunung meletus terjadi sepeti yang dilaksanakan pada Kamis (16/01/2020) lalu di Candi Plaosan.

Jawa Tengah merupakan daerah yang termasuk rawan bencana gunung meletus. Daerah-daerah ini cukup berdekatan dengan puncak Gunung Merapi yang terkenal gunung berapi yang sangat aktif. Bencana alam bisa datang kapan saja dan dimana saja. Bencana tidak akan dapat dicegah. Bencana hanya dapat dikurangi resikonya.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR