BPCB Jateng Selamatkan Arca di Wilayah Karangnongko

0
74

Klaten-BPCBJateng Kepedulian masyarakat akan tinggalan purbakala semakin tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya laporan masyarakat yang masuk ke kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah berapresiasi inisiatif masyarakat dan segera menindaklanjuti untuk melakukan tindakan pelestarian.

Salah satu tindak lanjut atas laporan masyarakat ini adalah tindakan penyelamatan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah di Desa Karangnongko. Tinggalan tersebut berupa Arca Ganesha. Saat diselamatkan dari pemukiman warga, arca ini dalam kondisi tanpa kepala. Untuk kepentingan pelestarian arca ini dipindahkan di Candi Merak. Saat pemindahan arca, staf Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah dibantu oleh warga.

Banyak laporan yang masuk ke BPCB Jateng tentang temuan tinggalan dari masa klasik terutama di wilayah Klaten. Jika dirasa perlu, tim Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah melakukan tindakan penyelamatan. Terdapat juga temuan yang masih dititipkan di masyarakat karena belum memungkinkan untuk diselamatkan.

TINGGALKAN KOMENTAR