BPCB Jateng Resmikan Purna Pugar 3 Candi Perwara

0
171

Klaten-BPCBJateng Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah selesaikan Pemugaran 3 Candi Perwara pada Tahum 2019 ini. Ketiga Candi Perwara ini adalah Candi Perwara Deret I Nomor 19 dan 26 Kompleks Candi Sewu dan Candi Perwara Deret II nomor 29 Kompleks Candi Plaosan. Selesainya kegiatan pemugaran ini ditandai dengan kegiatan peresmian purna pugar yang dilaksanakan pad hari sabtu (24/12/2019).

Peresmian ketiga Candi Perwara ini juga dibarengkan dengan peremian Candi Perwara Deret II No. 14 Candi Prambanan dan 3 Perwara Candi Kedulan. Acara yang diadakan di halaman Candi Sewu dibuka oleh penampilan kesenian Seruling Dewa. Pada kesempatan ini Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Drs. Fitra Arda, M.Hum menandatangani prasasti tanda selesainya kegiatan pemugaran beberapa Candi Perwara tersebut.

Serangkaian acara dilakukan selama kegiatan ini antara lain pemasangan secara simbolis kemuncak Candi Perwara Prambanan oleh  Fitra Arda selaku Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. Selain itu, jugadiberikan juga penghargaan terhadap 30 Juru Pugar candi yang telah berperan penting dengan penuh pengabdian dan dedikasi dalam kegiatan-kegiatan pemugaran.

TINGGALKAN KOMENTAR