BPCB Jateng Rehab Candi Selogriyo

0
366

Klaten (BPCB Jateng) – Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah (BPCB Jateng) merehabilitasi Candi Selogriyo yang berada di Kabupaten Magelang. Pekerjaan rehabilitasi ini akan berlangsung dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2018 ini meliputi pekerjaan pembongkaran tubuh candi dan perkuatan bangunan berupa pemasangan plat beton di bawah pondasi candi. Tahap selanjutnya akan dilanjutkan pada tahun 2019.

Candi Selogriyo merupakan candi Hindu yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain bangunan candi, para wisatawan dapat menikmati perjalanan karena suguhan panorama alam yang indah.  Candi Selogriyo terletak di Dukuh Campurejo, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Windu Sari, Kabupaten Magelang dan berada di puncak bukit Giyanti di lereng Gunung Sumbing. Candi ini pernah roboh diterjang longsor karena bangunan candi ini terletak di lahan yang cukup labil.

Saat ini jika wisatawan mengunjungi candi ini tidak akan mendapati bangunan candi yang berdiri. Seluruh komponen batu candi telah dibongkar oleh BPCB Jateng. Hal ini mungkin menimbulkan kesan yang kurang rapi. Walaupun wisatawan tidak dapat menikmati bangunan candi yang tegak berdiri namun mereka dapat menyaksikan dan mengetahui bagian-bagian dari candi. Seluruh batu-batu Candi Selogriyo ibarat sebuah puzzle raksasa yang dapat dipasang dan dibongkar.

 

TINGGALKAN KOMENTAR