“Belajar Memugar dan Konservasi Candi” Ajak Siswa SMA Praktek Langsung Di Lapangan

0
83

Klaten-BPCB Jateng Dalam rangka hari warisan dunia yang diperingati setiap tanggal 18 April, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah (BPCB Jateng) mengadakan program “belajar memugar dan Konservasi Candi” pada Selasa (17/04/2019). Program ini merupakan kegiatan edukasi diperuntukkan siswa Sekolah Menengah Atas. Peserta berasal dari SMA Stela Duce 1 Yogyakarta dan SMA Budi Mulia 2 mengikuti kegiatan edukasi yang dibungkus secara menyenangkan ini.

Program “belajar memugar dan konservasi candi” diikuti oleh 30 peserta. Mereka didampingi oleh pencari batu, juru pugar, dan teknisi konservasi selama kegiatan. Selain peserta mendapat ilmu lansung dari orang-orang yang sehari-hari memugar candi, mereka juga berkesempatan mempratekkan beberapa pekerjaan dalam pemugaran. Para peserta juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi candi-candi di Kawasan Prambanan. Tidak lupa mereka ikut berkampanye tentang ajakan menjaga warisan dunia yang mereka kunjungi.

Hari warisan dunia ditetapkan pertama kali oleh ICOMOS (International Council on Monuments and Sites) sebagai hari situs dan monumen pada tahun 1982.   Unesco kemudian menetapkan pada sidang ke -22 tahun 1983. Hari warisan dunia ditetapkan dalam rangka memberikan kesempatan untuk peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya warisan dunia serta semangat untuk melindungi dan melestarikan sekaligus memahami nilai luhurnya.

TINGGALKAN KOMENTAR