Bangunan Rumah Administratur Pabrik Gula Cepiring

0
264

Pabrik Gula Cepiring merupakan suatu kawasan yang terdiri dari pabrik dan berbagai fasilitas pendukung. Bangunan pabrik didirikan sejak 1835. Bangunan yang berada di dalam kawasan selain kelompok pabrik yaitu rumah administratur, kelompok rumah petinggi atau pejabat pabrik, gedung societeit dan Wisma Anggrahini.

Berdasarkan prasasti pada dinding tembok bagian depan, rumah administratur dibangun pada tahun 1914. Rumah administratur terdiri atas dua bangunan, berderet sebelah barat dan timur. Bangunan – bangunan tersebut menbujur arah utara – selatan keduan dihubungkan oleh koridor.

Bangunan rumah administratur memiliki kaki bangunan yang tinggi atau masif, yakni sekitar 80 cm di atas permukaan tanah sehingga untuk dapat memasuki bangunan dibuat tangga di bagian depan, samping kanan dan kiri serta belakanganya. Tubuh bangunan terdiri dari dinding – dinding berupa tembok berlepa, pintu, jendela dan ventilasi. Facade bangunan yang berada di sebelah selatan ditandai dengan serambi atau beranda, pintu masuk dan jendela. Serambi bangian depan berupa ruang terbuka ditopang oleh deretan tiang – tiang atau pilar – pilar (kolom)

Rumah administratur sangat mudah dikenali karena bangunannya paling megah dan besar. Bangunan ini terdiri atas 2 buah bangunan inti. Yaitu bangunan besaran dan bangunan yang lebih kecil di belakangnya. Adapun gaya arsitektur yang dianut adalah mewakili Arsitektur Klasik Eropa.

Serambi bagian depan berupa ruang terbuka yang ditopang oleh 8 pilar besar di bagian depan , dimana setiap kolom dihubungkan dengan lengkungan yang indah. Bangunan yang megah ini didukung oleh pintu dan jendela kayu yang berukuran besar terbuat dari bahan kayu, baik daun pintu jendela maupun kusennya. Langit-langit bagian interior masih asli, terbuat dari susunan kayu. Sedangkan sisi luar sudah mengalami perubahan, yaitu menggunakan eternit. Secara keseluruhan tata ruang masih utuh.  Lantai kamar mandi telah mengalami perubahan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR