Bangunan Perpustakaan Daerah Salatiga

0
394

Ada banyak variasi gaya bangunan pada masa lalu di Kota Salatiga. Keberagaman gaya bangunan muncul juga dikarenakan adanya beberapa budaya yang ada di masyarakat. Budaya Jawa, budaya Eropa dan budaya Cina berbaur dan menciptakan keunikan-keunikan pada bangunan yang ada. Salah satu kombinasi yang cukup menarik dapat dibuktikan melalui Gedung Perpustakaan Daerah Salatiga.

Bangunan Perpustakaan Daerah Salatiga yang terletak di Jl. Sukowati 7 Salatiga merupakan bangunan rumah tinggal dengan ciri arsitektur campuran Cina dan Kolonial. Ciri arsitektur khas Cina nampak pada bagian atapnya sedangkan ciri khas arsitektur kolonial tampak pada bagian pintu. Bangunan ini merupakan satu-satunya bangunan berarsitektur campuran dan berlantai dua.

Bangunan Perpustakaan Daerah Salatiga dibangun pada tahun 1890 M dan sekarang difungsikan sebagai bangunan perpustakaan. Bangunan inii merupakan salah satu bukti fisik dari kawasan Pecinan pada masa pemerintahan tradisional Kepatihan. Pada awalnya dibangun oleh Laskar Kasunanan Surakarta untuk keluarga Cina.

TINGGALKAN KOMENTAR