Dewa Dewi Masa Klasik (11), Rama Awatara

Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah sampai telah menerbitkan buku. Buku-buku ini dibagikan secara gratis kepada masyarakat selama persediaan masih ada. Tak jarang karena persediaan telah habis banyak masyarakat tidak mendapatkan buku terbitan BPCB Jateng yang diinginkan. Salah satu permintaan masyarakat yang cukup tinggi adalah buku Dewa Dewi Masa Klasik yang diterbitkan BPCB Jateng pada tahun 2010. Berdasarkan kenyataan tersebut melalui laman ini akan ditampilkan isi buku Dewa Dewi Masa Klasik yang terbagi dari beberapa bagian.

Awatara Wisnu yang ketujuh adalah Rama, disebut juga Ramachandra atau Dasaratharama, ikon pahlawan dalam epik Ramayana. Tidak hanya itu, Rama dalam kisah Ramayana pun didudukkan sebagai ikon anak, saudara, suami, teman, dan pengurus rumah tangga yang ideal, karena sikap, perilaku, dan ajarannya tentang dharma (bakti), satya (kejujuran), sewa (pelayanan), dan shanti (kedamaian).

Rama terlahir sebagai putra Raja Dhasarata dan Dewi Kausalya, yang mengemban tugas untuk membunuh raksasa Dasamukha atau Ravana, raja dari kerajaan Lanka. Dikisahkan bahwa Rawana, yang memiliki kekebalan dari Brahma dan Siwa, telah melakukan kekacauan di dunia dan mengadu domba manusia. Oleh karena itu, dewa-dewa lain berusaha melenyapkan Dasamukha melalui Wisnu, yang turun ke dunia dalam wujud Rama.

Pengarcaan Rama digambarkan sebagai seorang ksatriya yaang memakai kirita makuta. Bertangan dua, masing-masing membawa atributnya, bana di tangan kanan dan dhanu di tangan kiri. Di sebelah kanan Rama biasanya terdapat figur Sita, selaku sakti Wisnu.

Penggambaran awatara Wisnu dalam wujud Rama dapat dijumpai di relief Ramayana, yang terdapat di Candi Siwa dan Candi Brahma di Kompleks Percandian Prambanan. Panil berikut ini merupakan episode memanah Kijang Kencana. Ksatrya yang memegang busur adalah gambaran dari Rama. Ia pun digambarkan mengenakan kirita makuta. Sekali lagi, atribut Wisnu pun tidak nampak ( Buku Dewa Dewi Masa Klasik Terbitan BPCB Jateng).

Sumber: Buku Dewa Dewi Masa Klasik Terbitan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah

rama(Relief Tokoh Rama di Candi Prambanan)

Leave a Reply