Aksi Bersih Batu Cara MTSN 1 Negeri Pati Lestarikan Cagar Budaya

0
93

Klaten-BPCB Jateng Selasa (18/06/2019), masih dalam rangka memperingati hari jadi purbakala, sebanyak 170 siswa MTSN 1 Pati melakukan aksi bersih batu di Candi Plaosan. Aksi yang diawali dengan pengarahan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah juga dalam rangka pengenalan siswa sekolah terhadap konservasi material batu. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan balasan yang pada sebelumnya Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah melakukan sosialisasi cagar budaya melalui bioskop keliling di MTSN 1 Pati.

Pukul 08.30 WIB semua peserta berkumpul di aula kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Tengah dan disambut. Pada kesempatan ini para peserta mendapat pengenalan tentang cagar budaya dan konservasi batu oleh staf publikasi Balai Pelestarian Cagar Budaya. Selanjutnya dari Kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah para siswa berjalan menuju Candi Plaosan untuk melakukan aksi bersih batu. Mereka dibagi menjadi kelompok-kelompok yang setiap kelompok ditampingi oleh juru pelihara Candi Plaosan. Setiap kelompok mendapat tugas untuk membersihkan batu di beberapa tempat yang telah ditentukan. Tidak hanya membersihkan, para siswa mendapat pengetahuan konservasi batu dari para juru pelihara. Tidak sedikit siswa mengajukan pertanyaan kepada para juru pelihara. Dengan sabar para juru pelihara menjelaskan kepada mereka.

Para siswa ini sebelumnya telah berbekal alat-alat untuk mengkonservasi batu dengan metode manual kering. Mereka dengan antusias mengikuti arahan para juru pelihara. Peran aktif masyarakat dalam melestarikan cagar budaya dapat dengan berbagai cara. Aksi bersih batu ini merupakan salah satunya. Selain para siswa ikut membantu pekerjaan para juru pelihara, mereka juga dapat mendapat banyak pengetahuan tentang cagar buday dan usaha-usaha pelestariannya.

TINGGALKAN KOMENTAR