Monumen Perlawanan Rakyat Bengkulu

0
1939

Desember 1807 di Mount Felix, merupakan hari kelabu bagi EIC (Inggris). Thomas Parr sebagai pemimpin Inggris yang dikenal sangat angkuh dan kejam terhadap Rakyat Bengkulu. Thomas Parr ditemukan tewas pada kerusuhan yang dikenal sebagai peristiwa Mount Felix. Peristiwa ini menjadi penanda perlawanan rakyat Bengkulu terhadap kekuasaan EIC di Bengkulu. Pihak EIC mendirikan sebuah tugu sebagai peringatan atas kematian Thomas Parr pada peristiwa tersebut. Namun sebaliknya, pembangunan tugu tersebut bagi rakyat Bengkulu menjadi monumen yang memberikan pesan pada generasi muda Bengkulu. Bahwa leluhur mereka punya keberanian dalam menentang kesewenangan dan penindasan yang dilakukan residen Inggris di Bengkulu (Thomas Parr). Thomas Parr dikuburkan di Benteng Marlborough.

Berdasarkan lukisan Joseph C Stadler dalam buku Prints of Sotut East Asia in The India Office Library terlihat di lokasi tugu ini terdapat Gedung Pemerintahan dan Gedung Dewan EIC. Namun pada masa sekarang, diperkirakan bangunan tersebut tekah beralih fungsi menjadi pertokoan dan pusat pemerintahan.

BPCB Jambi

Bangunan ini dikelilingi oleh taman yang memiliki pagar besi dan dihiasi oleh pepohonan serta tenaman perdu. Bentuk bangunan seperti tugu yang memiliki ruangan yang terdapat tiga buah pintu masuk berbentuk setengah lingkaran di atasnya Terdapat enam buah pilar terdapat di sudut-sudut bangunan dengan berbentuk segi delapan. Memiliki tangga naik yang berlantai ubin warna merah diseluruh bagian kaki bangunan.