BPCB Jambi, 15 Maret 2016. Tim Dokumentasi dan Publikasi Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi melaksanakan kegiatan registrasi tinggalan kolonial dan rumah tradisional di wilayah dataran tinggi Provinsi Sumatera Selatan yaitu di Kabupaten Lahat. Pada kegiatan registrasi ini dilaksanakan pendataan terhadap bangunan kolonial dan tradisional yang masih ada di wilayah Kabupaten Lahat.

bpcbjambi

Kegiatan yang dilaksanakan dari 10 – 19 Maret 2016, telah berhasil merekam beberapa data tinggalan kolonial dan rumah tradisional yang masih dapat ditemukan di wilayah Kabupaten Lahat. Tinggalan Kolonial yang berhasil direkam antara lain tersebar dibeberapa daerah antara lain, Kota Lahat, Tanjung Sakti dan Merapi. Jenis tinggalan yang berhasil di data antara lain berupa Bangunan Rumah eks pemerintahan kolonial, Rumah Pangeran/Pesirah, sekolah dan Gereja.

Sementara itu tinggalan rumah tradisional yang berhasil didata antara lain tersebar di daerah Tanjung Agung dan Geramat. Saat ini tim registrasi tinggalan kolonial dan rumah tradisional di kabupaten Lahat masih melaksanakan pendataan hingga batas akhir pelaksanaan kegiatan ini. Selain menghimpun informasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan beberapa stakeholder. Informasi yang diberikan masyarakat sangat membantu terlaksananya kegiatan ini.