BPCB Jambi. pada tanggal 20 – 23 Februari 2014 Kelompok Kerja Pemugaran Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi melaksanakan kegiatan koordinasi awal dalam rangka Persiapan Pemugaran Masjid Agung Pondok Tinggi di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan data kerusakan dan survei kondisi Masjid Agung Pondok Tinggi.

BPCB Jambi

Dalam kegiatan ini melibatkan para ahli dari bidang arkeologi dan arsitektur. Dari ahli arsitektur melibatkan Ir. Arya Abieta dan Ir. Osrifoel Oesman, M. Hum dari Pusat Dokumentasi Arsitektur Indonesia dan ahli Arkeologi diwakili oleh Drs. Gatot Gautama, M.A. Pendapat dan masukan dari tim ahli ini nantinya akan dijadikan dasar dalam pelaksanaan langkah-langkah pemugaran Masjid Agung Pondok Tinggi.

Setelah kegiatan persiapan ini, direncanakan kegiatan studi penanganan pemugaran Masjid Agung Pondok Tinggi untuk melaksanakan kegiatan fotogrametri dengan mengunakan alat Laser Scanning 3D. Kegiatan pengambaran tiga dimensi ini akan berkerjasama dengan Balai Konservasi Borobudur. (RI2)