Tim Konservasi Kelompok Kerja Pemeliharaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi telah melakukan pembuatan replika Arca Prajnaparamita yang terdapat di Gedung Koleksi Kawasan Percandian Muarajambi, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Maksud pembuatan replika Arca Prajnaparamita adalah untuk mendokumentasikan Arca Prajnaparamita sehingga data-data yang ada dapat terekam dengan baik. Sedangkan tujuan pembuatannya adalah melestarikan arca yang asli guna kepentingan display di museum ataupun pameran agar dapat dinikmati oleh masyarakat, sehingga kelestarian dan keamanan arca yang asli dapat lebih terjaga.

BPCB Jambi

Arca Prajnaparamita mempunyai dimensi panjang 70 cm, tinggi 83 cm, dan lebar 57 cm. Prajnaparamita dalam ajaran Buddhisme merupakan Dewi Kebijaksanaan. Sikap tangan dharmacakramudra atau memutar roda dharma. Dewi Kebijaksanaan duduk diatas lapik tertutup kain panjang dengan sikap kaki padmasana, kaki disilangkan dan telapak kaki kanan menghadap keatas. Gaya seni arca ini serupa dengan arca Prajnaparamita dari Singhasari, Malang, Jawa Timur yang lebih dikenal dengan arca Ken Dedes

Pembuatan replika arca  melalui tahapan sebagai berikut, yaitu:

  1. Tahap Persiapan
  2. Tahap Pembuatan Negatif
  3. Tahap Pembuatan Statif
  4. Tahap Pembuatan Positif (replika)
  5. Tahap Penyelesaian (finishing)

Slide1

Slide3

Slide4

Slide2