Mangkuk, Situs Lambur I

0
877
bpcbjambi

Situs Lambur I merupakan salah satu situs cagar budaya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang memiliki potensi tinggalan cagar budaya yang khas. Salah satu kekhasan tinggalan cagar budaya yang pernah ditemukan di Situs Lambur I adalah ditemukan kendi, piring dan 2 artefak emas yang memiliki keunikan dan ciri tersendiri. Kekayaan dan keragaman artefak yang ditemukan di situs ini semakin beragam dengan keberadaan 2 artefak berupa mangkuk.

bpcbjambi

Mangkuk terbuat dari bahan porselin berwarna putih keabuan, berglasir warna putih biru. Pada permukaan dinding dihias warna biru dengan motif flora berupa buah anggur dan sulur-sulur daun. Tinggi 7 cm   Diameter 14,9 cm. Asal pembuatan Cina  masa Dinasti Ming Abad 17 – 18 Masehi.

bpcbjambi

Mangkuk, dihias gores dibawah glasir motif flora diisi motif sisir yang terdapat pada permukaan dinding luar dan dalam. Glasir berwarna abu-abu kekuningan seladon, melapisi hingga batas kaki. Dasar luar rata tanpa glasir. Tinggi 6,2 cm  Diameter 12,9 cm. Asal pembuatan Cina masa Dinasti Song Abad 12 – 13 Masehi