Dulu & Sekarang : “Batu Tatahan” Air Puar

1
1579
ririfahlen / bpcbjambi

Dokumentasi berikut ini merupakan foto Batu Tatahan di Desa Air Puar, Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Berdasarkan gambar yang terekam dalam foto dengan masa / waktu yang berbeda. Pada dokumentasi yang direkam pada tahun 1934 ini merupakan dokumentasi H.V. Vonk, dan dokumentasi pada tahun 2016 (Sumber Doc : BPCB Jambi).

Slide1

Berdasarkan informasi yang terekam pada dokumentasi Batu Tatahan (1934), profil gambar yang terggores pada batu terlihat begitu jelas, dengan mengambarkan dua sosok tokoh yang sedang memegang sebuah benda yang menyerupai nekara. Gambaran ini dilengkapi dengan ilustrasi beberapa profil hewan yang berada disekitar kedua sosok tokoh tersebut. Pada dokumentasi ini tidak begitu jelas terlihat posisi dan lingkungan dari batu ini.

Pada Dokumentasi Batu Tatahan yang baru didokumentasikan pada April 2016, Profil gambar yang ada pada batu ini masih dapat dilihat dengan jelas. Posisi gambar Batu Tatahan berada posisi terbalik, dimana kepala sosok tokoh dan hewan yang ada berada diposisi bawah. Posisi ini persis sama dengan dokumentasi yang direkam oleh H.V. Vonk pada tahun 1934. Hal ini dapat dilihat dengan keberadaan batu penyangga yang tepat berada di gambar kepala sosok tokoh manusia pada Batu Tatahan. Keberadaan batu megalit ini sekarang berada dilingkungan perkebunan kopi masyarakat dan hanya berjarak sekitar 150 m dari sungai.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY