Dulu dan Sekarang : Makam Gede Ing Suro

0
875
ririfahlen / bpcbjambi

Dokumentasi berikut ini merupakan foto Makam Gede Ing Suro, Situs ini berada di Kelurahan 1 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang. Dokumentasi berikut ini menampilkan foto dengan masa / waktu yang berbeda. Pada dokumentasi yang direkam pada tahun 1950 ini merupakan dokumentasi koleksi KITLV, dan dokumentasi  tahun 2005 merupakan koleksi BPCB Jambi.

bpcbjambi

Berdasarkan catatan yang dimiliki KITLV tentang foto yang didokumentasikan pada tahun 1950, bangunan ini disebut sebagai “Mangkoeboemi complex te Palembang“. Kompleks ini pertama kali ditemukan pada tahun 1935 oleh L.C. Westenenk yang waktu itu menjabat Residen Palembang dan seorang stafnya – yaitu H. Luning. Mereka menemukan runtuhan bangunan bata yang merupakan bagian kaki bangunan.

Komplek ini sekarang dikenal masyarakat Palembang sebagai Komplek Makam Gede Ing Suro. Pada dokumentasi gambar ini memperlihatkan bangunan Makam 1  Kompleks Gede Ing Suro. Dalam ilustrasi gambar yang tampak, memperlihatkan kondisi bangunan pada saat belum dilakukan pemugaran dan kondisi bangunan setelah dilakukan pemugaran.