BPCB Jambi Gelar Pameran Cagar Budaya

0
597

BPCB JAMBI – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi menggelar Pameran Cagar Budaya di Kantor LPMP Jambi, Kamis (25/4/2019). Pameran akan berlangsung selama lima hari hingga Senin (29/4/2019). Sejumlah artefak dan replika artefak ditampilkan dalam pameran tersebut. Selain artefak itu, ada juga poster-poster informasi tentang cagar budaya dan pelestarian cagar budaya.

Kepala BPCB Jambi, Iskandar Mulia Siregar mengatakan bahwa acara ini merupakan peran serta BPCB Jambi dalam mendukung penyelenggaraan Hardiknas 2019 di Jambi, yang merupakan tonggak pendidikan dalam rangka meningkatkan pendidikan karakter bangsa. “Pameran cagar budaya ini adalah bagian dari rangkaian acara Gebyar Hardiknas 2019, ucapnya. Selain pameran, ada pula sejumlah kegiatan lain seperti bazar buku, pentas seni, berbagai lomba, dan pemutaran film.

Gebyar Hardiknas 2019 di Jambi diselenggarakan oleh BPCB Jambi, LPMP Jambi, BPPAUD dan DIKMAS, KANTOR BAHASA Jambi, dan BAN-SM dan BAN-PAUD. Tema yang diusung adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Jambi, Fachrori Umar. Setelah membuka acara, Gubernur Jambi menyempatkan untuk masuk dan berkeliling ke galeri pamer BPCB Jambi.

Ketua tim pameran BPCB Jambi, Sri Mulyati mengatakan bahwa pameran ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang cagar budaya dan pelestarian yang dilakukan oleh BPCB Jambi di wilayah kerjanya, yakni Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Artefak yang ditampilkan diantaranya keramik dari Selat Gelasa, Kepulauan Bangka Belitung. Sedangkan replika yang dipamerkan antara lain replika prasasti Karangberahi, Arca Prajnaparamita, Arca Dwarapala dari Muarajambi, dan replika artefak dari Kawasan Percandian Bumiayu. “Untuk memeriahkan kegiatan pameran ini, kami juga mengadakan sejumlah permainan dan quiz, serta lomba foto selfie,” ucapnya.  (pst) #cerdasberbudaya