BATU BERTULIS KALI MINAHASA

0
1510

batu bertulis kaliBatu Bertulis Kali, terletak di desa Kali, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, dengan Letak astronomi Lintang Selatan 010 24’09.9” dan Bujur Timur 1240 50’44,4”. Situs yang berada ditengah kebun milik warga (Bp Yosep) ini berada diketinggian 313 mdpal dengan kemiringan lereng sekitar 55 % atau 33°.

Batu Bertulis Kali terletak dibukit Pinawawatu, digoreskan pada dinding batu andesit sebanyak tiga dinding batu dan letaknya berjejer. Pada dinding batu ini tergambar ular, sulur-suluran, pakis, gambar manusia laki-laki dan perempuan. Lukisan ini menghadap kearah sungai yaitu ke arah Barat daya. Ukuran bidang batu bergoresrata-rata lebar 4,5 m dan tinggi 3 m.

 

Teknik menghias dapat dikelompokan menjadi 2 yakni:

  1. Teknik hias cara timbul yaitu teknik menghias dengan cara memahat atau membuang sebagian permukaan bidang batu, sehingga menghasilkan bagian yang tertinggal atau bagian yang timbul dari bidang yang tersisa, bagian yang tersisa ini dengan bentuk hiasan tertentu.
  2. Teknis hias cekung yaitu teknik memahat dengan cara membuang atau mencongkel bidang batu, sehingga bentuk hiasan cekung atau tenggelam dilihat dari bidang menhir.

Sekitar 4 meter dari tebing Batu Bertulis Kali terdapat pula batu yang memiliki inskripsi seperti Hosti (Perjamuan).

Menurut informasi yang tercatat, Batu Bertulis Kali adalah batu yang bercerita tentang awal mulanya orang portugis datang dan mendarat di Tondano dengan membangun  Benteng Amurang.

(romi)