BANGUNAN LOJI TONDANO

0
1815

loji tondano

Bangunan Loji terletak di kelurahan Renegetan, Kecamatan Tondano, Kabupaten Minahasa,dengan Letak astronomi Lintang Selatan 010 18’ 23.5” dan Bujur Timur 1240 54’16,1” dengan ketinggian 703 mdpl, dengan morfologi relatif datar. Bangunan ini berada di lingkungan kompleks perkantoran pemerintahan kecamatan Tondano Barat.

Gedung Loji Tondano merupakan bangunan pejabat tinggi hindia belanda yang terletak di dekat Danau Tondano yang digunakan sebagai tempat tinggal konteler (kepala distrik) sekaligus digunakan sebagai tempat diadakannya acara acara penting dalam kegiatan pemerintahan saat itu.. Bangunan Gedung Loji menurut beberapa sumber dibangun sekitar tahun 1850.

Bangunan Loji Tondano, pada awalnya berada di lahan Kantor Bupati saat ini. Pada tahun 1979 oleh Bupati B.G.Lapian bangunan tersebut dibongkar dengan alasan karena lahan aslinya akan dibangun kantor bupati yang baru yang kemudian dipiindahka ke tempat yang sekarang ini di Desa Rinegetan. Bangunan Loji Tondano telah dipugar sebanyak 3 kali yaitu pada Tahun 1980, 2010, dan Tahun 2011.

Bangunan Loji ini berdenah empat persegi panjang, dengan ukuran 26,8 x 16,2 m2, bangunan  bentuk rumah panggung yang keseluruhan dindingnya terbuat dari kayu. Bagian dasar bangunan di topang oleh tiang beton yang berjumlah 45 buah dan bantalan kayu yang besar berjumlah 13 buah.

Tata letak ruang terdiri dari Teras depan, ruang utama, kamar , ruang makan dan teras belakang. Untuk menuju teras melawati tangga 2 buah terbuat dari kayu dengan anak tangga 18 buah, yang terletak disebelah barat dan timur bangunan. Pada bagian teras terdapat juga tiang dari kayu yang berfungsi menopang atap teras, dengan jumlah tiang 10 buah. Pada bagian teras terdapat tiga pintu, berbentuk jelusi, panel, dua buah pintu untuk menuju ke kamar kekamar sedangkan yang satu lagi menuju keruang utama. Pintu menuju ruang utama juga terdapat dua buah jendela dengan bentuk daun jendela jelusi dandaun jendela ganda, dan diatas jendela dan diatas jendela dan pintu terdapat ventilasi berbentuk segi empat.

 

Ruang utama berdenah empat persegi dengan ukuran 24,96 x 16,34 m2. ruangan ini berfungsi sebagai tempat pertemuan. Pada ruangan ini terdapat dua buah pintu untuk menuju kamar tidur yang terletak disebelah barat dan timur. Kamar tidur pada gedung loji berjumlah enam buah, dengan letak kamar berhadapan. Pintu menuju kamar saling berhubungan.

Rungan makan letaknya sejajar dengan ruang utama hanya dibatasi oleh sekat yang terbuat dari dinding, ruang makan berukuran 6,13 x 8,99 m2, sedangkan ruangan selanjutnya adalah teras belakang, teras belakang terdapat tangga naik yang terdapat disebelah barat bangunan.

Adapun batas-batas dari Bangunan Lojiadalah, Bagian Utara   berbatasan dengan pemakaman umum, arah Selatan berbatasan  dengan jalan Gunung Agung, arah Timur berbatasan dengan makam pahlawan nasional Tondano , dan arah Barat berbatasan dengan Kantor Balai penyuluhan pertanian,perikananan dan kehutananan. (romi)

BAGIKAN
Artikulli paraprakSITUS DERMAGA KAKAS
Artikulli tjetërARCA TADULAKO