Tambang Emas Kuna di Bolaang Mongondow Timur

0
1664
inv boltim1
Tampak bagian Mulut Lubang Tambang Kolonial Kotabunan
inv boltim2
Bagian dalam lubang Tambang yang telah longsor dan langit langit lobang dibeton

Tim Inventarisasi Cagar Budaya BPCB Gorontalo bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bolaang Mongondow Timur, pada kegiatan inventarisasi pada tgl 22 April 2016 lalu menemukan sebuah situs yang cukup menarik di Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara. Temuan tersebut adalah Lubang Tambang Emas periode Kolonial. Dalam catatan database cagar budaya, lubang tambang emas belum pernah terdokumentasi. Sehinggga dengan adanya temuan ini BPCB Gorontalo bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bolaang Mongondow Timur bersepakat untuk segera melakukan pendaftaran sebagai Cagar Budaya terhadap lubang tambang ini.

Mengingat daerah Bolaang Mongondow Timur merupakan daerah tambang emas lokal, sangat dimungkinkan terjadinya kehancuran/pengrusakan di situs tersebut. Lubang tambang Kotabunan yang terletak ditebing, mulut gua berukuran tinggi 230 cm dan lebar 170 cm, bagian langit langit gua dibeton. Lubang Tambang ini hanya berjarak sekitar 10 meter dari aktifitas tambang emas tradisional sekarang. Walau menurut penuturan para penambang mereka tidak berani memasuki lubang tambang tersebut karena telah ada korban meninggal di lubuang Tambang tersebut.

Tim inventarisasi Cagar Budaya selain menemukan Lubang Tambang, juga mendata beberapa temuan lainnya seperti Lesung Batu, Rumah Tradisional, dll. (romi)

TINGGALKAN KOMENTAR