Tempat Bersemayam Karel Albert Rudolf Bosscha

4
2117
Makam Karel Albert Rudolf Bosscha

Makam K.A.R Bosscha  terletak di tengah-tengah perkebunan teh, secara administratif berada di Desa Banjar Sari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dengan ketinggian 1540 m diatas permukaan air laut. K.A.R. Bosscha adalah orang Belanda yang hidupnya didedikasikan untuk ilmu pengetahuan. Beliau juga ikut membangun kampus ITB dan merancang bangunan Gedung Merdeka di Bandung.Berdasarkan keinginannya, Boscha ingin dimakamkan di tempat ini, di tengah perkebunan teh, setelah ia meninggal.

Makam ini dibangun pada tahun 1928, adapun penataan tamannya dimulai pada tahun 1999. Berdasarkan prasasti yang tertulis di atas makam, K.A.R. Bosscha dilahirkan pada tanggal 15 Mei 1865 dan meninggal dunia pada tanggal 26 November 1928. Ia adalah pendiri dan pemilik Perkebunan Teh Malabar sejak tahun 1896 sampai meninggal pada tahun 1928.

Makam ini berupa bangunan tanpa dinding dengan denah berbentuk lingkaran. Terdapat delapan buah tiang yang menyangga atap yang juga berbentuk lingkaran. Tiang-tiang tersebut terbuat dari batu marmer. Bentuk atapnya berupa piringan beton pipih dengan tambahan setengah bola  di bagian atasnya. Bentuk seperti ini mengingatkan kita terhadap bentuk topi, yang menurut informasi merupakan bentuk topi yang sering digunakan oleh Bosscha. Pada bagian atap sebelah dalam, bentuk konstruksi denahnya adalah segi delapan kemudian ke arah luar berdenah lingkaran. Pada bagian bawah makam, bagian tengahnya tidak ditutup oleh konstruksi batu, tetapi dibiarkan berupa tanah. Terdapat semacam tugu (nisan) yang memuat foto dan tulisan sbb:

Hier rust

Karel Albert Rudolf

Bosscha

Geboren

Te’s Gravenhage

15 mei 1865

Overleden

Te Malabar

26 November 1928

R.I.P.

Nisan K.A.R. Bosscha
Nisan K.A.R. Bosscha

Saat ini, makam Bosscha telah ditata, yang dilengkapi dengan pagar berbentuk bulat, jalan setapak, tugu Bosscha dan taman di sekeliling makam.

4 KOMENTAR

  1. you’re really a excellent webmaster. The website loading speed is incredible.
    It seems that you’re doing any distinctive trick. Also, The contents are
    masterwork. you’ve done a great process on this topic!

  2. It’s perfect time to make some plans for the
    future and it is time to be happy. I’ve read this post
    and if I could I want to suggest you few interesting things or
    tips. Perhaps you could write next articles referring to this article.
    I wish to read even more things about it!

TINGGALKAN KOMENTAR