Talkshow: Masjid Agung Banten

0
50

Mesjid menjadi sebuah hasil karya yang sangat monumental sepanjang masa (living monument), berbeda dengan beberapa komponen kota lain yang telah hancur karena perkembangan situasi sosial politik dan perekonomian. Salah satu kota pusat perkembangan peradaban Islam di Jawa adalah Banten yang mulai berkembang pada abad ke-16 yang memiliki tinggalan mesjid.

Banyak hal menarik yang bisa digali dari Masjid Agung Banten. Bukan hanya aspek arsitektur dan sejarahnya, namun juga aspek lainnya yang penting untuk didiskusikan seperti aspek kepercayaan dan religius yang masih melekat sampai sekarang sehingga menjadi daya tarik masyarakat Indonesia untuk datang mengunjungi Masjid Agung Banten. Untuk mengupas ini, Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten (BPCB Banten) menyelenggarakan Talkshow yang mengupas secara dalam mengenai Masjid Agung Banten pada 16 Mei 2020.

Dalam talkshow ini hadir Yanuar Mandiri sebagai narasumber dengan Juliadi sebagai moderator talkshow. Ditayangkan melalui zoom meeting dan ditayangkan live di Instagram dan Youtube BPCB Banten, talkshow ini berhasil menarik minat masyarakat yang cukup luas. Ratusan peserta ikut terlibat dalam kegiatan talkshow. (*YR)

TINGGALKAN KOMENTAR