Penjajagan Kerja Sama BPCB Banten – UI untuk Rencana Kegiatan Pengupasan Situs Keraton Surosowan

0
597

Senin, 25 Maret 2019 Kepala seksi Pelindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten (BPCB Banten) bersama tim melakukan koordinasi dengan Program Studi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.  Koordinasi ini dilakukan dalam rangka penjajagan rencana kerjasama BPCB Banten dengan Universitas Indonesia dalam kegiatan pengupasan di Situs Keraton Surosowan.

Pemaparan Rencana Kegiatan Pengupasan Keraton Surosowan

Situs Keraton Surosowan saat ini hanya menyisakan beberapa bagian yang terlihat secara kasat mata, seperti tembok benteng keliling, pondasi bangunan,  sisa bangunan pertitaan dan bekas kolam taman dengan bangunan Balai Kambang (Rara Denok). Untuk menggali tinggalan lain yang kemungkinan masih tertanam di lahan situs, BPCB Banten berencana untuk melakukan pengupasan.

Untuk efektifitas kerja dan hasil terbaik, rencananya BPCB Banten akan menggandeng Universitas Indonesia dengan melibatkan mahasiswa prodi Arkeologi dalam kegiatan pengupasan ini. Jika tidak ada aral melintang, kegiatan pengupasan ini akan dilaksanakan selama 120 hari pada bulan April – Juli 2019 mendatang. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.** (YR)

TINGGALKAN KOMENTAR