Gedung Eks-Kecamatan Saketi

0
264

Gedung Eks Kecamatan Saketi berada di Jalan Raya Saketi – Pandeglang, Desa Saketi Pasir, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten dan terletak pada koordinat 06° 40’ 18” Lintang Selatan dan 105° 99’ 04” Bujur Timur. Batas utara berupa pemukiman penduduk, batas selatan berupa SDN 1 Saketi, batas barat berupa Jalan Raya Saketi-Pandeglang, dan batas timur yaitu pemukiman warga.

Bangunan yang terletak tepat di tepi jalur jalan raya menuju ke Labuan ini dulunya digunakan sebagai kantor Kecamatan Saketi dengan gaya arsitektur yang sama dengan Gedung Kecamatan Pandeglang, memiliki bentuk atap yang khas. Atapnya berbentuk atap perisai, pada bagian puncak curam dengan bagian tepi melandai. Hal ini membuat bangunan tampak mencolok dari bangunan di sekitarnya. Bentuk atap tersebut serupa dengan bentuk atap pada Pendopo Pandeglang dan kemungkinan kedua bangunan tersebut dibangun di masa yang sama. Bagian muka bangunan menghadap ke arah barat daya dengan luas bangunan ± 171 m².

Bagian depan bangunan merupakan pendopo terbuka yang atapnya ditopang oleh dua belas tiang kayu dengan palang penahan serupa kuda-kuda. Bangunan yang dahulunya berfungsi sebagai kantor kecamatan Saketi ini, memiliki beberapa ruang, yakni: empat ruang kamar, kamar mandi, dan ruang belakang. Di bagian dalam bangunan, lantai menggunakan tegel batu. Sedangkan di bagian pendopo, lantai sudah diganti dengan keramik berwana putih. Pada pintu dan jendela masih menggunakan kayu dengan model jalusi atau krapyak. (Sumber : Buku Data Base Cagar Budaya di Kabupaten Pandeglang, BPCB Banten).

 

TINGGALKAN KOMENTAR