Gedong Uyeng, Pangandaran

0
744
Gedong Uyeng

Gedong Uyeng terletak di Jalan Raya Babakan Nomor 156, Dusun Bojongsari, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran. Bangunan ini berada pada ketinggian 17 m di atas permukaan laut. Bangunan ini milik Ibu Susi Pujiastuti, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Meskipun dalam kondisi kosong tidak ditempati, namun bangunan ini selalu dibersihkan dan ada petugas yang membersihkan dan menunggu bangunan ini dari pagi hingga sore hari. Bangunan dengan halaman yang luas serta dikelilingi pagar ini menghadap ke arah selatan.

Bangunan berdenah segi empat, berukuran 12,85 m x 9,00 m, didirikan di atas batur. Atap bangunan berbentuk pelana (limasan), dengan penutup atap berupa genteng tanah liat yang merupakan genteng baru. Gedong Uyeng dilengkapi dengan teras di bagian depan. Pada teras sisi barat dan selatan terdapat pagar langkan. Atap teras ditopang beberapa pilaster yang saling terhubung, berbentuk persegi yang ujungnya berbentuk lengkung. Langit-langit ditutup dengan gypsum berwarna putih yang merupakan tambahan baru. Lantai teras dan bagian dalam berupa ubin berwarna abu-abu berukuran 20 cm x 20 cm.

Pintu masuk ke teras Gedong Uyeng

Bangunan sisi selatan bagian barat menjorok ke depan sehingga membentuk satu ruangan, meskipun sejajar dengan teras depan. Pada dinding selatan ruangan yang menjorok ke depan terdapat satu jendela rangkap model krepyak. Pada dinding barat terdapat pintu kayu penuh ukiran dengan dua daun pintu yang merupakan pintu baru. Pintu masuk utama terdapat di sisi selatan, setelah melewati teras yang merupakan peralihan antara lingkungan luar dengan bagian dalam bangunan.

Tampak barat bangunan terdapat dua jendela rangkap model krepyak dan panil kaca, yang masing-masing mempunyai dua daun jendela. Pada dinding bagian atas terdapat profil dinding berbentuk lengkung pita. Tampak timur serupa dengan tampak barat, terdapat dua jendela rangkap model krepyak dan panil kaca, yang masing-masing mempunyai dua daun jendela. Pada dinding bagian atas terdapat profil dinding berbentuk lengkung pita.

Gedong Uyeng tampak barat

Tampak utara bangunan terdapat satu pintu dengan dua daun pintu, yang simetris dengan pintu depan, membentuk satu garis lurus. Pada dinding atas terdapat profil dinding berbentuk pita. Di belakang bangunan utama terdapat pondasi yang kemungkinan dahulu merupakan bangunan penunjang yang berfungsi untuk dapur dan ruang pembantu. Di halaman belakang juga terdapat sumur dan kamar mandi, terpisah dengan bangunan utama.

TINGGALKAN KOMENTAR