Bekas Stasiun Kereta Api Cijulang, Pangandaran

0
1198
Bekas Stasiun Kereta Api Cijulang

Stasiun yang sudah tidak dipakai sejak tahun 1980-an ini terletak di Jalan Bandara Nusawiru, Dusun Kalenwadas, Desa Cijulang, Kecamatan Cijulang dan berada pada ketinggian 30 m di atas permukaan laut. Bangunan ini dalam kondisi rusak parah dan kumuh, besi rel hanya tersisa sedikit.

Bangunan bekas stasiun ini berdenah segi empat, berukuran 24,40 m x 5,70 m. Pada sisi utara berbatasan dengan Jalan Bandara Nusawiru, sisi selatan, barat, dan timur terdapat pemukiman penduduk.

Dari atap yang tersisa, bangunan ini beratap pelana dengan penutup atap berupa genteng dari tanah liat, tanpa langit-langit. Pintu masuk stasiun berada di sisi barat adapun rel berada di timur bangunan stasiun. Pintu masuk sisi barat simetris dengan pintu di sisi timur.

Pintu masuk ke bekas stasiun Cijulang sisi barat

Tampak barat terdapat pintu masuk utama di bagian tengah yang diapit jendela model krepyak di kanan dan kirinya. Pada dinding barat sisi utara terdapat pintu geser. Pada dinding timur, di selatan pintu menuju kereta (tengah) terdapat dua pintu dengan satu daun pintu, adapun di utara pintu tengah terdapat pintu geser dengan roda geser di bagian atas.

Ruang tunggu di bekas stasiun Cijulang

Jendela loket karcis di ruang tunggu masih tersisa, lengkap dengan kawat dan teralis. Dari sebagian lantai yang tersisa, penutup lantai semula berupa susunan batu-batu kali, tetapi di atasnya terdapat lapisan aspal. Kemungkinan lantai aspal dibuat pada masa kemudian.

TINGGALKAN KOMENTAR