Situs Gedung Pertunjukan Imaculata

0
215

Gedung pertunjukkan Imaculata, terletak di Kelurahan Fotulando, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende. Gedung ini berkaitan erat dengan kegiatan-kegiatan Bung Karno semasa pengasingan, gedung ini berada pada koordinar 51 L 0351288, UTM 9021937 dengan ketinggian 27 mdpl. Gedung Imaculata memiliki batas sebelah utara jalan Tenarotali, sebelah timur rumah milik Hae Nettu, sebelah selatan jalan Katedral, dan sebelah barat jalan Irian Jaya.

Bangunan Gedung Imaculata merupakan salah satu tempat bersejarah penting bagi perjuangan Bung Karno semasa pengasingan di ende. Dalam pengasingan Bung Karno tidak tinggal diam, Beliau banyak menulis naskah sandiwara yang bertemakan perjuangan melawan penjajah, ada 12 naskah yang telah ditulis dan dipentaskan di Gedung Imaculata milik Gereja Katedral. Gedung ini dipergunakan oleh Bung Karno atas bantuan sahabatnya seorang Pastor Huytink yang datang ke Ende pada tahun 1929. Gedung ini merupakan suatu ruangan di dalamnya terdapat panggung dengan ukuran 1,30 m dilengkapi dengan tangga naik ke atas panggung. Di kanan kiri panggung terdapat ruang ganti pada saat pertunjukan. Di gedung ini terdapat pula dua bilik yang berfungsi untuk menyimpan alat-alat pada saat pertunjukkan. Tapi sekarang semua bilik sudah dibongkar. Gedung ini dilengkapi 4 buah pintu, 2 buah di samping kanan dan kiri, dan dua buah dekat panggung, gedung ini dilengkapi beberapa buah jendela. Dari gedung terlihat pemandangan dengan panorama yang sangat indah karena tempatnya agak tinggi sehingga pandangan lepas ke arah laut.

Kini gedung Imaculata yang asli sudah dibongkar total dan digantikan oleh gedung baru yang lebih bagus dengan fungsi yang sama yaitu gedung baru sebagai tempat pertunjukan namun hal ini menyebabkan hilangnya nilai sejarah yang terdapat pada gedung tersebut.

Bagian luar gedung imaculata yang baru
Bagian dalam gedung Imaculta yang baru