Situs Cagar Budaya Kampung Tarung Ludes di Lahap Si Jago Merah

0
978
Kampung Tarung

Menurut sumber http://kupang.tribunnews.com/2017/10/07/breaking-news-kampung-adat-tarung-di-sumba-barat-ludes-terbakar menyebutkan bahwa kejadian terjadi sekitar pukul 16.00 wita, dimana kebakaran terjadi melahap dengan cepat seluruh rumah yang ada dikampung Tarung.

Kampung Tarung merupakan kampung yang telah diinvetarisasi oleh BPCB Bali pada tahun 2016 dengan nomor inventarisasi 3/16-16/STS/1. Situs Kampung Tarung terletak di Dusun Tarung, Desa Lobawawi, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Situs Kampung Tarung berada di sebuah bukit dengan ketinggian 451 mdpl dan kordinat 50 L 0764231 UTM 8934246.

Kampung Tarung

Menuju lokasi Situs Kampung Tarung cukup mudah karena berada di Pusat Kota Sumba Barat dan akses jalan ke sana dapat dilalui kendaran bermotor roda dua atau roda empat hingga di pintu masuk kampung di sebelah Selatan. Situs kampung Tarung yang berada di tengah-tengah bukit sekelilingnya dipenuhi pepohonan antara lain pohon bambu, pohon kelapa, pohon jati, semak semak dan sebagianya. Kampung Tarung merupakan Kampung dengan tradisi megalitik yang berlanjut, dimana kepercayaan mereka adalah “Marapu”.

TINGGALKAN KOMENTAR